PS4 Pro VS PS5 : Apakah Kamu Harus Upgrade?

PS4 Pro vs PS5 Peluncuran PS5 semakin dekat, penyegaran mid-gen Sony terhadap PS4 Pro masih menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan.

Dirilis pada tahun 2016, PS4 Pro menawarkan peningkatan dari PS4 standar dengan peningkatan layar yang mampu menampilkan grafis 4K. Layar 4K ini tentu bisa membuat Anda memainkan permainan eksklusif bergrafis tinggi seperti Ghost of Tsushima, The Last of Us 2 dan Horizon: Zero Dawn.

Harga PS5 vs PS4 Pro

Hal tersulit tentang menimbang harga PS5 adalah bahwa Sony bahkan belum mengetahuinya.

Mungkin saja harga PS5 tidak seburuk yang Anda pikirkan. PSErebus, yang dengan tepat memperkirakan tanggal rilis The Last of Us 2, mengklaim pada November 2019 bahwa RRP PS5 akan menjadi $ 499 (sekitar £ 380 dan AUS $ 745).

Dan, sementara Sony mengakui tidak tahu harga boks yang akan datang pada Februari 2020 agak mengurangi kebocoran, ini tentu bukan harga yang buruk mengingat kekuatan komponennya yang dikabarkan.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan GamesIndustryBiz, Jim Ryan dari Sony membahas spekulasi seputar biaya PS5. Dia tidak mengungkapkan harganya tetapi Ryan menyarankan harga PS5 dapat mencapai tabungan gamer, dan dia tidak berkomitmen untuk mengalahkan harga Xbox Series X.

Apakah potensi resesi terkait Covid-19 akan memengaruhi penjualan PS5? Dalam hal ini, Ryan mengatakan bahwa:

“Saya pikir cara terbaik yang dapat kami lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan memberikan proposisi nilai terbaik yang kami bisa. Maksud saya bukan harga terendah. Nilai adalah kombinasi dari banyak hal.

Di wilayah kami, itu berarti permainan, artinya angka tentang game, kedalaman game, luasnya game, kualitas game, harga game … semua hal ini dan cara mereka memanfaatkan rangkaian fitur platform. “

Kebocoran PSErebus menempatkan harga PS5 pada $ 100 (sekitar 1.460.020 Rupiah) jika dibandingkan dengan peluncuran PS4 Pro yang mencapai $ 399 (Sekitar Rp. 5.825.481). Meskipun demikian, Amazon saat ini mencantumkan harga PS4 Pro sekitar $ 320 (Sekitar Rp. 4.600.000)

Meskipun demikian, Anda sering kali dapat melakukan lebih baik daripada itu dalam penjualan. PS4 Pro turun dalam penjualan PS4 Black Friday ketika dibundel dengan Death Stranding. Sehingga bisa dikatakan bahwa harga dari PS4 Pro sangat mungkin menjadi jauh lebih murah ketika PS5 rilis nanti.

Spesifikasi PS5 vs PS4 Pro

Ini meyakinkan banyak pemilik PS4 tingkat dasar untuk meningkatkan dan menarik sejumlah pemilik TV 4K yang berharap dapat memaksimalkan layar mereka.

Tetapi ketika pengumuman soal peluncuran PS5 yang akan terjadi pada akhir 2020, PS4 Pro tidak lagi menjadi konsol Sony paling unggul. Sebelum memilih antara PS4 Pro dan PS5, Anda harus melihat bagaimana mereka menumpuk dan memutuskan di mana uang Anda dibelanjakan dengan lebih baik.

Dilema PS4 Pro vs PS5 akan menjadi salah satu yang dihadapi oleh banyak gamer dalam beberapa bulan mendatang, tetapi untuk membantu Anda memilih konsol yang terbaik untuk Anda, kami telah membuat panduan untuk semua detail penting tentang konsol sejauh ini, termasuk rumor harga, spesifikasi dan rilis game besar.

Spesifikasi PS5

PS4 Pro vs PS5

Masih banyak yang perlu diketahui tentang internal PS5, tapi inilah spesifikasi PS5 Pro yang diketahui sejauh ini:

  • GPU: 10,28 TFLOPs, 36 CU pada 2,23GHz (frekuensi variabel) dengan arsitektur RDNA 2
  • CPU: CPU berbasis AMD Zen 2 dengan 8 core pada 3.5GHz (frekuensi variabel)
  • Memori: 16GB GDDR6, antarmuka 256-bit, bandwidth 448GB / s
  • Penyimpanan: SSD 825GB khusus dengan 5,5GB / s (mentah), tipikal 8-9GB / s (terkompresi)
  • Penyimpanan yang dapat diperluas: slot NVMe SSD, dukungan HDD USB (hanya untuk game PS4)
  • Optik: Drive 4K UHD Blu Ray
  • Visual: Native 4K 120Hz + 8K
  • Audio: 3D Temptesr

Salah satu yang menarik adalah pasangan GPU dan CPU AMD. Kami sekarang telah mengetahui secara resmi bahwa ini akan menjadi kombinasi dari delapan inti CPU Zen 2 yang berjalan pada 3.5GHz dan 36 unit komputasi yang berjalan pada 2.23GHz untuk menangani grafik. GPU akan mampu 10,28 TFLOP.

Arsitek sistem utama PS5, Mark Cerny, juga telah mengonfirmasi kepada Wired bahwa perangkat keras baru tersebut mampu melacak sinar. Terlihat di beberapa game PC tercantik, seperti Control, Metro Exodus, dan Battlefield V, ray tracing adalah cara inovatif untuk menampilkan cahaya dan bayangan.

Tetapi karena setiap ‘sinar’ cahaya memiliki sumber simulasi sendiri, hanya sekarang daya yang dibutuhkan dapat digunakan di konsol. Dengan kata lain, penelusuran sinar akan membuat game seperti Horizon Forbidden West terlihat seperti generasi berikutnya.

Dan jika itu tidak cukup untuk kornea Anda, ada kabar dukungan 8K juga. Tetapi ketika datang ke apakah Anda harus memilih antara konsol 4K vs 8K, ketahuilah bahwa 8K tidak akan menjadi prospek utama selama beberapa tahun.

Berita bagus untuk para pemain PlayStation adalah solid state drive (SSD) PS5 – peningkatan yang sudah lama tertunda yang telah dinikmati pemain PC selama bertahun-tahun. Game diklaim memuat 19 kali lebih cepat.

Dan, meskipun SSD yang datang di PS5 hanya 825GB, Cerny mencatat bahwa kecepatan SSD yang lebih cepat berarti pengembang tidak perlu menduplikasi data ke file game beberapa bagian, sehingga mengurangi ruang yang terbuang.

Spesifikasi PS4 Pro

PS5 vs PS4 Pro

Sementara itu, PS4 Pro masih tertahan oleh HDD mekanisnya yang sudah menua. Sementara desain UI PS4 terasa mulus karena Anda dapat dengan mudah memainkan kembali game yang telah Anda tinggalkan dari standby atau setelah mengunjungi aplikasi lain.

Tetapi spesifikasi di atas juga akan kalah oleh spesifikasi pemuatan layar yang dilakukan oleh PS5. Bahkan jika Anda meningkatkan PS4 Pro dengan SSD, itu tidak akan dapat menawarkan bandwidth yang sama dengan yang tersedia di PS5.

Pro juga tidak memiliki pemutar 4K Blu Ray seperti yang dimiliki PS5, juga tidak memiliki opsi untuk menggunakan disk-drive gratis seperti yang ditawarkan PS5 serba digital.

Cerny juga menjelaskan kepada Wired bahwa audio PS5 akan mencapai “standar emas” baru berkat mesin audio yang ditingkatkan. Sony menggunakan teknologi audio 3D Tempest untuk mendukung pengalaman suara.

Ini akan mampu menangani ratusan sumber suara untuk audio spasial yang mengesankan, jadi Anda pasti ingin berinvestasi pada headset gaming terbaik. Cerny menyebutkan bahwa Sony juga sedang mengerjakan suara surround virtual untuk speaker.

Sementara itu, berikut spesifikasi PS4 Pro:

  • CPU: delapan inti x86-64 AMD Jaguar
  • GPU: AMD Radeon dengan 4.2 teraflops
  • RAM: 8GB GDDR5
  • Penyimpanan: HDD 1TB

Model mid-gen yang diperbarui membuktikan lompatan yang layak pada basis PS4: mendukung streaming 4K dari Amazon dan Netflix, tetapi game 4K asli tidak dimungkinkan pada semua judul, dan hanya pada 30fps.

Tentu mengharapkan PS5 menjadi kekuatan yang sehat melompati Pro, tetapi jika Anda semua tentang grafis terbaik, tidak menginginkan PC, dan platform agnostik, itu juga layak mempertimbangkan konsol paling kuat di pasaran saat ini, Xbox One X.

Desain PS5 vs PS4 Pro

Ada banyak pro kontra mengenai desain dari PS5 yang futuristik. Terutama karena adanya beberapa ketidakpastian seputar ukuran PS5. Telah ditunjukkan bahwa konsol tersebut terlihat cukup besar dan, jika akurat, daftar Amazon baru-baru ini untuk konsol menunjukkan bahwa itu juga berpotensi cukup berat, lebih berat daripada PS4 Pro pada 4,78 kg.

PS4 Pro, di sisi lain, lebih terlihat seperti konsol tradisional dan cenderung duduk diam dengan pengaturan hiburan apa pun. Ini ramping, ringan dengan berat 3,3 kg dan tidak sedikit pun kontroversial.

Namun, sesuatu yang patut dipertimbangkan dalam desain kedua konsol adalah sistem pendingin yang mereka miliki.

Mark Cerny membuat masalah besar tentang sistem pendingin baru PS5 dalam spesifikasi konsol yang mendalam dan laporan Bloomberg sebelumnya menyarankan bahwa Sony telah “memilih untuk lebih boros dalam memastikan pembuangan panas dari chip kuat yang ditempatkan di dalam konsol tidak sebuah isu.”

Sistem pendingin yang efisien adalah cara yang pasti untuk menjaga konsol tetap tenang, sesuatu yang sangat diperjuangkan oleh PS4 Pro ketika harus menjalankan game yang lebih menuntut.

Game PS5 vs PS4 Pro

Jika Anda membeli PS4 Pro sekarang, kami harap Anda punya waktu istirahat: Bloodborne, God of War, Uncharted 4, The Last of Us dan sekuelnya, The Last Guardian, dan Marvel’s Spider-Man eksklusif untuk kotak Sony, bersama dengan pengalaman multi-platform mematikan lainnya seperti Red Dead Redemption 2 dan Control.

Berita bagus? Hampir semua game tersebut kompatibel dengan versi sebelumnya di PS5. Beberapa, seperti GTA 5, Madden 21 dan Destiny bahkan akan mendapatkan perbaikan besar PS5, dan harus menjadi upgrade gratis setelah konsol keluar.

Meskipun demikian, tidak semua game hadir di kedua konsol tersebut, dan PS5 akan memiliki sejumlah game yang eksklusif untuk generasi berikutnya.

Marvel’s Spider-Man Miles Morales mungkin adalah salah satu game seperti Horizon Forbidden West, tindak lanjut dari Horizon: Zero Dawn. Gran Turismo 7 sepertinya hanya akan menjadi generasi berikutnya dan sulit membayangkan Ratchet & Clank: Rift Apart berjalan pada perangkat keras PS4.

Jadi, jika Anda ingin mengakses yang terbaru dan terbaik, perlu dicatat bahwa PS5 akan memimpin di bagian depan itu untuk beberapa game.

Apa lagi yang bisa kamu mainkan? Berikut adalah beberapa game PS5 yang dikonfirmasi (sejauh ini):

  • Godfall
  • Gothic
  • Rainbow Six Siege
  • Outriders
  • WRC 9
  • Horizon Forbidden West
  • Demon’s Souls
  • Battlefield 6
  • Stray
  • Tribes of Midgard
  • The Pathless
  • Goodbye Volcano High
  • GTA 5
  • Gran Turismo 7
  • Ghostwire: Tokyo
  • Returnal
  • Marvel’s Spider-Man Miles Morales
  • Dying Light 2
  • Project Anthia
  • Sackboy: A Big Adventure
  • Destruction All-Stars
  • Kena: Bridge of Spirits
  • Oddworld: Soulstorm
  • Solar Ash
  • Hitman 3
  • Astrobot’s Playhouse
  • Little Devil Inside
  • NBA 2K21
  • Bugsnax
  • Resident Evil 8
  • Deathloop
  • Pragmata
  • Ratchet and Clank: Rift Apart
  • Lord of the Rings: Gollum
  • Watch Dogs: Legion
  • Gods and Monsters
  • Rainbow Six Quarantine
  • Assassin’s Creed: Valhalla
  • Far Cry 6
  • FIFA 21

Perlu juga dicatat bahwa beberapa game generasi berikutnya bisa jadi lebih mahal. 2K Games baru-baru ini mengumumkan bahwa NBA 2K21 di PS5 dan Xbox Series X akan menelan biaya $ 10 lebih mahal daripada PS4 dan Xbox One, membawa versi standar game di konsol generasi berikutnya hingga $ 70 (atau £ 60).

Ini bukan kenaikan harga yang kecil dan dalam wawancara dengan GamesIndustry.biz, perusahaan riset IDG mengungkapkan bahwa penerbit lain juga mempertimbangkan untuk menaikkan harga dasar game generasi berikutnya, yang berarti game PS5 bisa lebih mahal.

PS4 Pro VS PS5

Meskipun masih banyak lagi yang harus dipelajari tentang PlayStation 5 – harganya bisa dibilang poin paling penting – ada sedikit alasan untuk membeli PS4 Pro sekarang.

PS5 tidak hanya akan menjadi kotak yang lebih kuat dan lebih cepat, tetapi upaya Sony untuk mengaktifkan kompatibilitas ke belakang berarti bahwa meskipun Anda membeli PS5, kemungkinan Anda tidak akan melewatkan pengalaman terbaik PS4, dan mungkin yang lebih tua dari itu, terlalu.

Jika Anda telah menunggu selama ini untuk membeli PS4 pertama Anda, Anda sebaiknya melakukannya sedikit lebih lama dan melewatkan satu generasi dan membeli PS5, atau memanfaatkan PS4 Pro yang lebih murah setelah konsol yang lebih baru diluncurkan.

Meskipun demikian, mengupgrade dari Pro adalah dilema yang lebih berat. Pro sudah mendukung 4K asli untuk banyak game dengan kinerja yang layak, dan Anda memerlukan kantong yang dalam untuk TV 8K untuk mendapatkan keuntungan penuh dari kekuatan PS5.

Dan itu hanya jika game 8K didukung sepenuhnya. Seperti biasa, pengguna awal membayar lebih mahal, jadi ada baiknya menunggu generasi eksklusif berikutnya yang benar-benar tidak dapat Anda lakukan tanpanya.

Itulah beberapa review mengenai Ps4 Pro VS PS5. Semoga bermanfaat.

Promot Content

close